Foto Panitia Seminar bersama Pemateri |
Laboratorium Robotics dan Multimedia Universitas Almuslim Peusangan saat ini sedang mulai berbenah, ini ditandai dengan suksesnya mengadakan seminar dengan judul "Penerapan Teknologi Robotics dan Multimedia serta Tinjauan Cyberlaw terhadap Perkembangan Dunia Teknologi Informasi" pada tgl 2 April 2013. Seminar di kampus yang asri 10 km dari Bireuen ini diisi oleh pemateri yang ahli dibidangnya antara lain; ASSOC. Prof. Dr. Anton Satria Prabuwono dari Universiti Kebangsaan Maysia (UKM) dan Dr. Edy Santoso dari Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung.
Seminar adalah salah satu cara yang efektif untuk mencari informasi yang luas dan terbaru dengan cara menghadirkan para ahli dibidangnya (dalam hal ini : Robotics & Multimedia) untuk menularkan pengalamannya kepada kita semua. Fakultas Ilmu Kompoter (FIKOM) Universitas Almuslim disini memperoleh manfaat yang signifikan dengan bertambahnya minat mahasiswa khususnya terhadap perkembangan dunia robotik. Dapat dilihat setelahnya dengan mulai muncul pelatihan dan pembelajaran untuk mendukung ilmu robotik baik di kabupaten Bireuen maupun di Aceh secara keseluruhan.
Menurut Mathis (2002), pelatihan
ataupun seminar adalah suatu proses dimana seseorang bisa mencapai kemampuan
tertentu untuk membantu mencapai tujuan organisasi. Manfaat dari seminar
yang utama adalah untuk penelitian. Mahasiswa diakhir kuliahnya sangat
ditekankan untuk meneliti dan menulis paper (makalah) sebagai resume dari
penelitiannya. Awal dari penelitian adalah banyaknya membaca makalah, khususnya
yang berasal dari organisasi mempunyai impact factor yang tinggi seperti IEEE,
Scopus dll. Kegiatan tersebut pada mulanya memang sulit, tetapi dengan
bertambah banyak yang dibaca, maka akan dapat memperoleh pengertian yang
semakin jelas dan mendalam tentang penelitiaan yang telah dilakukan sebelumnya.
Langkah berikut adalah, mencari kelemahan/kekurangan
penelitian yang telah dilakukan, melihat aspek lain yang perlu
dikembangkan atau mengkombinasikan beberapa penelitian menjadi suatu penelitian
baru. Kecakapan ini juga perlu terus digali melalui teori-teori yang mendukung
dan hipotesa-hipotesa dari peneliti yang lain. Ini menjelaskan juga tentang
pentingnya aspek teoritis dalam kaitannya dengan proses penelitian.
Selanjutnya adalah senantiasa
mengaitkan penelitian kita dengan issue disekeliling. Issue disini adalah
mengamati apa yang menjadi topik andalan ataupun hangat dari lingkungan,
khususnya disekeliling kita. Disinilah penelitian tersebut akan memperoleh
kekuatannya, bagaimana kita mengaplikasikannya pada kearifan lokal
ataupun kekayaan daerah yang perlu terus menerus dikembangkan.
Misalnya banyak penelitian
mengenai hasil produk pertanian dikaitkan dengan sistem komputer seperti
kecerdasan buatan, pengolahan citra, database dll. Sebagai contoh di Cina,
begitu banyaknya penelilitian berkaitan tentang produktivitas padi diukur
dengan support vector machine, atau menganalisa kualitas minyak
sawit dengan jaringan syaraf tiruan dan lain-lain.
Semua penelitian tersebut dapat dikembangkan dengan menggantikan lokasi mengingat di didaerah ini juga memiliki pertanian dan perkebunan sebagai produk andalan. Dikaitkan dengan kondisi mahasiswa yang akan mengambil skripsi, penelitian ini menjadi hal yang penting. Ide yang diperoleh itulah yang nantinya dikembangkan menjadi proyek skripsi. Perlu juga diingat bahwa batasan masalah harus juga diperhatikan untuk pencapaian yang lebih realistis.
Yang harus juga benar-benar
dipahami, penelitian untuk skripsi mahasiswa diutamakan yang sederhana tetapi mengikuti asas
penulisan yang benar seperti: latar belakang masalah, objektif penelitian
sebagai konstribusi ilmu pengetahuan, kajian perpustakaan, metodologi dan hasil
penelitian.
Walau sederhana, unsur terpenting yang harus dicapai dalam penelitian adalah fleksibitas sistem. Reka bentuk dan
permodelan yang tersedia dapat terus secara berkesinambungan diperbaiki
sehingga menjadikan hasil yang lebih baik. Dalam kajian rekabentuk inilah
perlu adanya laboratorium robotic dan multimedia. Disinilah perencanaan dan rekayasa keseluruhan hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) dibuat.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus